News
Loading...

Kontrol Gadget Pada Anak Dengan Metode "I Message"


Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, penggunaan gadget sudah tidak terbatas umur lagi. Anak kecil pun sekarang sudah akrab dengan gadget. Hal ini jika dibiarkan akan berbahaya bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Jika sampai sudah pada tahap kecanduan, seorang anak akan sangat bergantung sekali pada gadget.

Dampak nyata pada anak yang kecanduan gadget mulai dari anti sosial hingga berujung pada gadget disorder. Dalam kondisi seperti ini, orang tua dituntut aktif untuk mencegah buah hati kecanduan gadget.

Namun memang bukan perkara mudah untuk melakukan hal tersebut. Diperlukan pendekatan pendidikan yang baik kepada anak agar bisa benar-benar mengontrol perilaku anak terhadap gadget.
Psikolog Anak dan Remaja dari lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, Vera Itabiliana mengungkapkan bahwa orang tua perlu berupaya lebih untuk mendidik anak agar secara efektif dan bijak menggunakan gadget.

“Jika tidak didasarkan alasan yang kuat dan cara yang benar, anak tak akan bisa memahami maksud pembatasan penggunaan gadget. Alasan harus jelas kenapa penggunaan gadget dibatasi. Jadi enggak bisa main larang,” jelasnya.

Vera mengungkapkan cara yang lebih efektif dari hanya sekadar pelarangan kepada anak. Menurutnya, cara yang lebih efektif adalah dengan menggunakan “I message” dan orang tua memposisikan diri sebagai teman dekat anak.

Metode “I Message” di sini dapat diartikan bahwa penggunaan gadget secara berlebihan dapat berbahaya. Menjelaskan sebab-sebab mengapa harus bijak menggunakan gadget bisa mencerdaskan anak. Selain itu, dengan metode “I Message” mengajakan untuk berkomunikasi secara tatap muka. Hal ini dibutuhkan hubungan yang sangat dekat dengan anak. Orang tua pun dituntut untuk menempatkan dirinya sebagai pencerita sekaligus objek cerita untuk menasehati anaknya.

Menurut Vera, penggunaan "You Message" bersifat menyerang dan tidak membangun hubungan yang baik dengan anak, karena anak ditempatkan sebagai objek yang disalahkan.

Sumber gambar : nonofone.com
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment