News
Loading...

Wajib Baca, Batas-Batas Dalam Memarahi Anak


Ada saat-saat di mana orang tua wajib memarahi anak. Memarahi anak adalah sesuatu yang harus dilakukan orang tua kepada anak. Hal ini dilakukan demi mencegah anak melakukan kesalahan yang sangat berbahaya bagi dirinya. Namun tidak banyak orang tua yang memahami batas-batas saat memarahi anak sehingga marah di saat yang tidak tepat.

Hal pertama yang harus diperhatikan orang tua saat memarahi anak adalah konteksnya. Konteks di sini maksudnya adalah orang tua memarahi perilaku anak yang salah, bukan pribadinya. Misalnya, marah yang fokus pada pribadi adalah seperti ini: “Kamu ini memang anak nakal!” atau “Kamu tidak pernah nurut sama Mama!” “Bisanya menyusahkan,” dan lain-lain. Sedangkan marah yang fokus pada perilaku adalah, “Mama marah karena kamu tidak merapikan tempat tidurmu,”

Terkadang, dalam memarahi anak, anak sering sekali menangis. Sebaiknya, anak dibiarkan melepaskan emosinya lebih dahulu seperti menangis. Lalu setelah selesai, peluklah ia dan berikan ruang untuk orang tua dan anak berkomunikasi. Orang tua wajib menjelaskan secara bijak mengapa ia memarahinya.

Batasan yang paling penting saat memarahi anak berada dalam konteks itu sendiri. “Tidak wajar ketika orang tua memarahi di luar konteks. Contohnya, dalam memarahi anak, akhirnya melebar ke mana-mana atau mengungkit kesalahan yang lainnya.” ungkap Ari Pratiwi, psikolog asal Malang, seperti yang dikutip dari laman tribun.

Selain itu, memarahi tidak wajar adalah saat kebablasan saat memarahi anak dengan melepaskan emosi dalam bentuk yang tidak wajar. Contoh, ketika orang tua memarahi tidak habis-habis atau tidak selesai-selesai dengan kata-kata kasar atau tindakan yang dapat menyakiti anak.

Bentuk lain adalah memarahi anak di depan orang lain. Hal itu sudah di luar batas karena anak akan merasa malu dan dipermalukan.

Batasan-batasan dalam memarahi anak jelas harus diterapkan agar mampu memberikan pelajaran penting bagi anak dengan marah. Marah di saat yang tepat dan dalam kondisi yang tepat dapat memberikan perubahan yang lebih baik bagi tumbuhnya tunas hebat.


Sumber gambar : padek.co
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments :

  1. Aku setiap hari selalu berdoa buat mamah yang sudah tenang disana :')

    http://wulan-tasik.blogspot.com/

    ReplyDelete