News
Loading...

Stop Berikan Hukuman, Gunakan Cara Ini Untuk Mendidik Anak


Hukuman menjadi salah satu bentuk pendidikan orang tua kepada anak. Hukuman diberikan kepada anak biasanya bertujuan membuat jera anak yang telah melakukan tindakan buruk. Tidak jarang, hukuman yang diberikan membuat anak menjadi sangat takut pada orang tua hingga berdampak pada kondisi hubungan anak dan orang tua. Ada pula, hukuman yang diberikan kepada anak tidak membuat jera.

Menurut psikolog keluarga, Efnie Indrianie, MPsi menyebutkan bahwa dalam konsep belajar saat tumbuh kembang anak ada yang dinamakan reward (hadiah) dan punishment (hukuman).

“Ada yang lebih efektif dibanding hukuman, yaitu reinforcement negatif,” ujarnya seperti yang dikutip dari laman viva.

Dalam psikologi sosial, Reinforcement adalah konsekuensi yang menguatkan perilaku seseorang di masa yang akan datang. Terdapat dua macam reinforcement, yakni positif dan negatif.

Reinforcement negatif dapat diberikan kepada anak untuk mengurangi perilaku negatif anak. Contoh saja, anak yang tidak mau membersihkan kamarnya, akan dikurangi waktu menonton televisinya. Reinforcement negatif tidak serta merta dilakukan dengan cara yang keras. Namun bisa diungkapkan dengan halus tetapi tetap tegas.

Reinforcement berbeda pula dengan punishment. Reinforcement negative memberikan ruang bagi anak untuk memikirkan tindakannya. Anak diberikan opsi untuk dipilih. Seperti pada contoh, anak akan berpikir, apakah ia akan tetap membiarkan kamarnya kotor dan akan kehilangan waktu nonton televisinya atau membersihkan kamarnya dan tidak akan kehilangan waktunya menonton televisi.

Hal itu berbeda dengan punishment di mana anak tidak diberikan opsi untuk dipilih. Anak langsung dihukum ketika melakukan tindakan yang salah. Itu menyebabkan anak tidak mampu menelaah lebih jauh sebuah permasalahan dan konsep negatif pada anak mengenai orang tua. Kemandirian cukup penting di masa anak-anak untuk ditumbuhkan. Salah satunya adalah dengan penggunaan reinforcement tersebut.



Sumber gambar : republika.co.id
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment